Bagaimana Pemasaran Media Sosial Dapat Melengkapi Strategi Seo

Bagaimana Pemasaran Media Sosial Dapat Melengkapi Strategi Seo

Bagaimana Pemasaran Media Sosial Dapat Melengkapi Strategi Seo – Kesalahpahaman umum tentang optimasi mesin pencari (SEO) adalah bahwa hal itu tidak dipengaruhi oleh pemasaran media sosial.

Bagaimana Pemasaran Media Sosial Dapat Melengkapi Strategi Seo

rank33 – Banyak webmaster mempromosikan situs web mereka di Facebook, Twitter, Instagram, dan jaringan media sosial lainnya, tetapi mereka tidak mengharapkannya untuk meningkatkan peringkat pencarian situs mereka.

Sebaliknya, mereka melakukan pemasaran media sosial untuk menarik lebih banyak lalu lintas ke situs web mereka dan mengekspos merek mereka ke audiens yang lebih besar.

Meskipun pemasaran media sosial mungkin tidak secara langsung meningkatkan peringkat pencarian situs web Anda setidaknya tidak di Google itu masih dapat melengkapi strategi SEO Anda untuk mendorong peringkat yang lebih tinggi.

Apa Kata Google dan Bing Tentang Media Sosial dan Peringkat Pencarian

Baik Google maupun Bing tidak secara terbuka mengungkapkan algoritme peringkat pencarian mereka, apalagi sejauh mana mereka menggunakan media sosial untuk menghitung peringkat pencarian.

Namun, selama wawancara tahun 2010 dengan Search Engine Land, kedua perusahaan mengkonfirmasi penggunaan media sosial sebagai sinyal peringkat. Belakangan tahun itu, Matt Cutts dari Google mengunggah video YouTube yang mengonfirmasi penggunaan Google atas saham Facebook dan Twitter dalam algoritme peringkatnya.

Baca Juga : Bagaimana Meningkatkan Media Sosial Dan SEO

Google tampaknya berubah pikiran pada tahun 2014, di mana Cutts menarik kembali pernyataannya sebelumnya dengan mengatakan bahwa algoritma Google tidak menggunakan saham media sosial sebagai sinyal peringkat. Sejak itu, Google telah mempertahankan posisi ini, menunjukkan bahwa algoritmenya tidak secara langsung menganalisis pangsa media sosial sebagai sinyal peringkat.

Bing, di sisi lain, telah memperbarui Pedoman Webmasternya untuk memasukkan bagian tentang pemasaran media sosial. Dalam Pedoman Webmasternya, Bing mengatakan berbagi media sosial adalah “sinyal positif” yang dapat memengaruhi peringkat organik situs web.

Ada Korelasi Kuat Antara Media Sosial dan Peringkat Pencarian

Meskipun Google mengatakan tidak menggunakan media sosial sebagai sinyal peringkat, penelitian menunjukkan situs web dengan lebih banyak saham media sosial cenderung berperingkat lebih tinggi di mesin pencari terkemuka dunia daripada situs web dengan sedikit atau tanpa saham media sosial.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Ahrefs menemukan situs web yang berada di peringkat pertama di Google memiliki rata-rata 36 persen dari total halaman mereka dibagikan di media sosial, sedangkan situs web yang berada di peringkat 10 rata-rata hanya 27 persen dari halaman mereka yang dibagikan di media sosial.

Sebuah studi terpisah yang dilakukan oleh cognitiveSEO memperkuat temuan ini. Setelah menganalisis lebih dari 23 juta saham media sosial, peneliti menemukan situs web dengan saham Facebook, LinkedIn, dan Pinterest terbanyak biasanya mengungguli rekan-rekan mereka dengan saham paling sedikit.

Tautan Balik Media Sosial dan SEO: Yang Harus Anda Ketahui

Sebagian besar jaringan media sosial menempatkan atribut nofollow pada semua backlink yang dibuat pengguna. Ketika pengguna membagikan situs web Anda di Facebook atau Twitter, misalnya, tautan balik yang dia buat ke situs Anda memiliki atribut ini, yang memberi tahu mesin telusur untuk mengabaikan tautan balik dalam algoritme peringkat mereka. Baik Google dan Bing mendukung atribut nofollow. Ketika salah satu bot mereka merayapi halaman media sosial dengan backlink nofollow, mereka akan mengabaikannya.

Pemasaran Media Sosial Menarik Tautan Balik Dofollow

Tautan balik yang dibuat di media sosial mungkin memiliki atribut nofollow, tetapi mereka dapat menarik tautan balik lain yang lebih berharga.

Jika pengguna menemukan situs web Anda di media sosial, dia dapat membuat tautan balik dofollow dari situs web atau blog mereka sendiri.

Tidak seperti backlink nofollow, mesin pencari dapat dan akan menganalisis backlink dofollow dalam algoritme peringkat mereka. Karena jumlah total backlink dofollow situs web Anda meningkat, demikian juga peringkat pencariannya.

Baca Juga : SEO Perlu Berinvestasi Lebih Banyak dalam Konten Berbentuk Panjang

Pemasaran Media Sosial Membangun Kesadaran Merek

Selain menarik backlink dofollow, pemasaran media sosial membangun kesadaran merek. Ini memperkenalkan nama situs web Anda, alamat, logo, dan karakteristik penentu lainnya kepada audiens pengguna yang lebih besar, beberapa di antaranya tidak akan tahu tentang situs Anda.

Akibatnya, lebih banyak pengguna akan mencari situs web Anda di Google atau Bing. Masing-masing pencarian bermerek ini menunjukkan mesin pencari situs web Anda populer, sehingga mereka dapat memberi peringkat lebih tinggi sebagai tanggapan.

Pemasaran Media Sosial Meningkatkan Otoritas

Mempromosikan situs web Anda di media sosial meningkatkan otoritasnya. Apakah itu sinyal peringkat langsung untuk Google atau tidak, mesin pencari menilai otoritas situs web sebagai bagian dari upaya peringkat mereka.

Situs web baru umumnya memiliki sedikit atau tanpa otoritas karena belum diperiksa oleh pengguna lain. Hanya ketika sebuah situs web menjadi populer dan dianggap sebagai tokoh terkemuka di industrinya, barulah ia memperoleh otoritas.

Pemasaran Media Sosial Mendorong Lalu Lintas Berkualitas Tinggi

Terakhir, pemasaran media sosial dapat mengarahkan lalu lintas berkualitas tinggi ke situs web Anda. Anda mungkin tidak akan menghasilkan banyak lalu lintas segera setelah memulai halaman atau profil di jaringan media sosial.

Tetapi setelah halaman atau profil Anda menarik pengikut, Anda dapat menyalurkan beberapa pengikut tersebut ke situs web Anda dengan membagikan tautan ke halaman situs Anda.

Mesin pencari, termasuk Google, menggunakan faktor peringkat lalu lintas, sehingga mempromosikan situs web Anda di media sosial dapat meningkatkan peringkat pencariannya.

Tips Cara Mempromosikan Situs Web Anda Menggunakan Media Sosial:

  • Hanya membangun berbagi, komentar, pengikut, dan suka secara organik. Jangan membayar untuk mereka.
  • Sesuaikan halaman dan profil media sosial Anda untuk menyertakan citra merek situs web Anda, seperti warna, logo, dan slogan.
  • Fokus pada membangun pengikut untuk halaman dan profil media sosial Anda sebelum Anda mulai membagikan tautan ke situs web Anda.
  • Saat membagikan tautan ke situs web Anda di Facebook, pilih gambar mini yang paling relevan. Jika tidak ada gambar yang relevan, unggah gambar unik untuk digunakan sebagai thumbnail.
  • Sertakan URL situs web Anda di halaman dan profil media sosial Anda.
  • Jika didukung oleh jaringan media sosial, gunakan nama merek situs web Anda sebagai tagar.
  • Menanggapi komentar yang diposting oleh pengguna lain.
  • Hindari membagikan terlalu banyak tautan di media sosial. Untuk setiap tautan yang Anda bagikan, coba bagikan setidaknya tiga foto, video, atau kiriman teks.
  • Mintalah umpan balik dari pengikut di situs web Anda.

Pemasaran media sosial dan optimisasi mesin pencari sering dipandang sebagai dua komponen berbeda dari strategi digital holistik. Dalam beberapa hal, mereka berbeda, tetapi ada jauh lebih banyak konvergensi dan persilangan daripada yang sering kita yakini.

Baik Anda mengoptimalkan situs web Anda untuk hasil pencarian Google atau Bing, pemasaran media sosial dapat melengkapi strategi SEO Anda. Bing menggunakan saham media sosial sebagai sinyal peringkat langsung, sedangkan algoritma Google secara tidak langsung dipengaruhi oleh pemasaran media sosial. Terlepas dari itu, mempromosikan situs web Anda di media sosial dapat membantu Anda mengamankan peringkat halaman pertama yang didambakan.

Jumlah pengguna di seluruh dunia adalah 3,196 miliar pada tahun 2018. Orang yang belum tahu mungkin berpikir media sosial hanyalah cara bagi orang untuk tetap berhubungan. Meskipun demikian, ini juga merupakan alat yang ampuh untuk membantu Anda dengan pemasaran Anda, termasuk SEO.

Benar, orang berinteraksi dengan platform media sosial seperti Facebook dan Instagram secara berbeda dari yang mereka lakukan dengan mesin pencari. Namun, hasil keduanya sama dalam beberapa hal. Konten difilter, tautan dibagikan, dan situs paling tepercaya mendapatkan lalu lintas terbanyak. Bahkan bisa dibilang media sosial adalah garda depan baru untuk SEO.

Bersama-sama media sosial dan SEO akan melengkapi dan meningkatkan upaya Anda di kedua bidang tersebut. Konten media sosial, misalnya, dapat memperkuat kampanye SEO Anda dengan konten yang dioptimalkan untuk kata kunci dan dengan menghasilkan lebih banyak backlink.

Mari kita lihat bagaimana strategi media sosial Anda dapat meningkatkan peringkat Anda di mesin pencari:

Meningkatkan Visibilitas Konten Anda

Meskipun secara tidak langsung, media sosial dapat membantu SEO Anda melalui promosi konten. Tidak peduli seberapa hebat dan kata kunci-dioptimalkan konten Anda, jika tidak mencapai target audiens Anda, tidak ada gunanya. Media sosial memungkinkan Anda untuk mengambil semua konten berkualitas Anda dan mempromosikannya di banyak saluran.

Platform media sosial memberi konten Anda panggung baru untuk mendorong diskusi. Ambil Facebook, misalnya, di mana konsumsi konten telah tumbuh sebesar 57%. Studi yang sama juga melaporkan bahwa 76% orang menggunakan feed Facebook mereka untuk menemukan konten yang menarik.

Alat seperti Facebook, YouTube, Instagram, dan Twitter adalah beberapa saluran termudah dan paling efektif untuk mendorong konten SEO. Tautan masuk dari share Anda di media sosial mungkin tidak berdampak seperti backlink berkualitas tinggi. Namun, mereka dapat meningkatkan rasio pentalan dan rasio keterlibatan Anda.

Keuntungan terbesar dari media sosial sebagai saluran pemasaran adalah memungkinkan Anda untuk menyebarkan konten ke audiens yang besar. Dengan mempromosikan konten Anda di platform sosial, konten Anda dapat menjangkau banyak orang baru yang dapat membagikannya lebih lanjut.

Jangkauan sosial saja mungkin tidak terlalu bagus untuk SEO Anda. Tetapi setiap pembaca bisa menjadi penulis atau editor yang dapat memberi Anda tautan alami ke situs Anda di konten mereka. Berbagi sosial memperluas dan meningkatkan potensi tautan masuk Anda.

Google telah mulai mengindeks konten dari Twitter dan Facebook, dengan platform lain kemungkinan akan mengikuti. Waktunya tepat, jika konten Anda relevan, itu akan muncul sebagai salah satu hasil pencarian teratas. Dengan demikian, memposting di media sosial dapat membuka jalan untuk visibilitas lebih lanjut di platform ini.

TEDx melakukan pekerjaan yang brilian dengan kampanye media sosial mereka untuk memanfaatkan semua aspek ini. Mereka tidak hanya membuat konten informatif tetapi juga mengubahnya menjadi sesuatu yang sensasional yang membuat semua orang berbicara. Mereka selalu mendorong potongan informasi melalui video berukuran kecil di media sosial. Lihat saja halaman Twitter mereka, misalnya.

Perkuat Tautan Balik dan Posting Tamu dengan Berbagi Sosial

Saluran sosial adalah cara bagi mesin pencari untuk memastikan bahwa ada sesuatu yang menyebar di Internet. Anda harus membagikan semua posting tamu atau tautan konten sindikasi lainnya ke pengikut dan sebaiknya dibagikan ulang untuk meningkatkan potensi tautan balik.

Membangun Tautan yang Lebih Baik

Relevansi dan otoritas adalah dua faktor utama yang dipertimbangkan oleh mesin pencari seperti Google saat memeringkat hasil pencarian. Relevansi berkaitan dengan seberapa tepat entri memenuhi kriteria hasil pencarian. Sementara otoritas berkaitan dengan seberapa dapat dipercaya sumbernya. Otoritas, sebagian besar, ditentukan oleh jumlah dan kualitas tautan masuk yang dimiliki halaman Anda.

Meskipun ilmu di balik pengaruh backlink pada peringkat pencarian telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir, itu masih memainkan peran integral. Jumlah backlink berkualitas yang Anda miliki dapat membuat atau menghancurkan peringkat pencarian Anda. Akibatnya, penghasilan tautan dan pembangunan adalah taktik yang banyak digunakan oleh pemasar.

Audiens yang lebih luas adalah satu-satunya alasan terpenting mengapa halaman media sosial Anda adalah tempat yang sempurna untuk mendapatkan backlink berkualitas. Itu karena media sosial beroperasi sebagai platform sindikasi yang hebat.

Logika di balik semua ini cukup sederhana. Alat media sosial membantu orang untuk tetap terhubung dan berbagi cerita. Untuk merek, itu sama dengan berbagi konten terbaik mereka dan membina hubungan dengan audiens target mereka.

Melibatkan konten menghasilkan lebih banyak pembagian, menghasilkan lebih banyak peluang bagi orang-orang untuk menemukan dan menyediakan tautan ke konten Anda. Bahkan, dalam sesi tanya jawab, Andrey Lipattsev, ahli strategi senior Google Irlandia, mengungkapkan 2 faktor peringkat teratas Google . Dengan kata-katanya sendiri – “Ini konten, dan tautan yang menunjuk ke situs Anda.”

Berbagi konten di media sosial juga dapat menghasilkan tautan balik yang otentik dan berkualitas tinggi dari situs web terkemuka dan berpengaruh. Influencer cenderung menggunakan alat media sosial sebanyak, jika tidak lebih dari pengguna normal. Jika konten Anda beredar di lingkaran yang sama dengan mereka; kemungkinan mereka akan menemukannya dan menautkan posting blog mereka ke sana.

Masalahnya adalah membangun tautan berkualitas tinggi semacam ini dari influencer hampir tidak mungkin jika bukan karena media sosial. Itulah mengapa penting untuk memiliki halaman media sosial yang aktif untuk membangun profil tautan yang lebih beragam dan autentik. Semakin banyak otoritas yang Anda peroleh, semakin meningkatkan SEO Anda.

Lihat apa yang dilakukan National Geographic untuk Microsoft tahun lalu dalam rangka Hari Perempuan Internasional. Berbagai saluran Nat Geo di Instagram memposting kisah inspiratif tentang Microsoft yang memberdayakan perempuan. Mengingat konteks posting, otoritas poster, dan hubungan emosional, ini pasti memenuhi syarat sebagai backlink bernilai tinggi.

Meningkatkan Kesadaran Merek

Cara lain yang penting bahwa media sosial berkontribusi pada SEO Anda adalah dengan meningkatkan kesadaran merek Anda. Pada pandangan pertama, ini mungkin tampak seperti lebih banyak keuntungan branding daripada SEO. Meskipun benar bahwa media sosial memiliki manfaat luar biasa untuk branding, secara tidak langsung, media sosial juga dapat melakukan banyak hal untuk SEO Anda.

Media sosial adalah saluran digital lain bagi audiens target Anda untuk mencari Anda dan terlibat dengan Anda. Platform seperti Facebook dan Instagram memungkinkan Anda membangun audiens, dan yang lebih penting, merek Anda. Semakin banyak yang terjadi, semakin banyak orang mengenali Anda di hasil pencarian dan semakin cenderung mereka untuk mengklik.

Peningkatan kesadaran merek yang Anda bangun di media sosial menghasilkan lebih banyak lalu lintas pencarian organik untuk halaman Anda. Mempertimbangkan bahwa hal-hal ini berkontribusi pada peringkat Anda dalam pencarian bermerek, SEO Anda hanya akan memiliki satu cara untuk naik.

Melihat tujuan akhir dari semua upaya ini adalah untuk meningkatkan penjualan Anda, mengapa tidak membunuh dua burung dengan satu batu? Menghasilkan konten merek dan produk yang informatif dan membagikannya di media sosial Anda adalah cara yang harus dilakukan. Konsumen ingin membuat keputusan pembelian yang terinformasi dan terdidik. Dan cara apa yang lebih baik untuk membantu mereka melakukan itu selain dengan memberikan apa yang mereka inginkan?