Tips Untuk Mengembangkan SEO Media Sosial

Tips Untuk Mengembangkan SEO Media Sosial

Tips Untuk Mengembangkan SEO Media Sosial – Industri pencarian selalu beramai-ramai tentang bagaimana media sosial dapat mempengaruhi SEO.

Tips Untuk Mengembangkan SEO Media Sosial

rank33 – SEO media sosial mengacu pada bagaimana aktivitas media sosial dapat meningkatkan lalu lintas organik situs web Anda melalui mesin pencari.

Ini adalah topik pada beberapa studi kasus yang tidak pernah ketinggalan zaman. Alasannya sederhana: media sosial penting untuk SEO di lebih dari satu cara. Itu tidak hanya membuat aktivitas SEO Anda efektif tetapi juga menguntungkan.

Ya, media sosial dan SEO mungkin terlihat berbeda, tetapi tidak ada keraguan bahwa mereka saling membantu.

Namun, bertentangan dengan kepercayaan populer, media sosial tidak secara langsung berkontribusi pada SEO. Dengan kata lain, sinyal media sosial tidak secara langsung membantu peringkat mesin pencari Anda.

Tautan yang Anda bagikan di Twitter, Facebook, dan Pinterest dapat membantu merek Anda mendapatkan lebih banyak eksposur, tetapi tautan tersebut tidak dilihat oleh Google atau algoritme Bing sebagai sinyal peringkat.

Sekarang, inilah masalahnya: meskipun media sosial bukanlah faktor peringkat pada tingkat yang dangkal, itu memiliki arti penting jika Anda melihat lebih dalam.

Secara tidak langsung, itu memang memiliki efek positif pada peringkat pencarian halaman.

Jadi ya, ada korelasi pasti antara posisi situs di SERPs dan jumlah sinyal sosial yang dimilikinya.

Jika Anda mempelajari situs web yang memegang posisi peringkat teratas dalam pencarian Google, Anda akan menemukan banyak dari mereka memiliki sinyal sosial yang kuat.

Jadi, jika Anda, sebagai pemasar, berinvestasi dalam strategi pemasaran media sosial , maka Anda pada dasarnya juga meningkatkan peluang Anda untuk berkinerja baik di mesin pencari.

Mengapa Google Mengabaikan Sinyal Sosial

Apakah Google merayapi dan mengindeks profil/halaman media sosial dari Facebook, Twitter, dan LinkedIn? Tentu saja.

Apakah itu melihat sepotong konten dan tautan yang diterbitkan pada mereka berbeda? Tidak, itu memperlakukan mereka seperti halaman HTML biasa dari sebuah situs web.

Mengenai sinyal sosial, Google tidak mempertimbangkan jumlah saham atau pengikut media sosial saat menentukan peringkat properti web.

Baca Juga : Cara Menemukan Layanan SEO Yang Tepat Untuk Bisnis Kecil Anda

Karena akan terlalu mudah bagi siapa pun untuk menipu sistem dan memiliki situs yang tidak layak mendapat peringkat lebih tinggi daripada yang layak.

Juga, penting untuk dicatat bahwa berbagi media sosial terjadi 24/7.

Dan mereka terjadi lebih cepat daripada yang bisa dikejar oleh Google, yang menyulitkan raksasa mesin pencari untuk merangkak dan melacaknya.

Kami tidak tahu berapa banyak data yang dapat diakses Google dari situs media sosial utama yang “harus masuk”, dan kami tidak yakin apakah mereka menggunakannya untuk tujuan pemeringkatan.

Yang kami tahu adalah media sosial memainkan peran tidak langsung dalam membantu orang menemukan merek Anda di hasil mesin pencari.

Dan untuk saat ini, itu yang terpenting.

3 Alasan Untuk Membawa Game Media Sosial Anda Ke Tingkat Selanjutnya

Salah satu manfaat terbesar SEO adalah mendapatkan lebih banyak visibilitas dan membuat lebih banyak orang mengunjungi situs web Anda secara organik.

Pemasaran media sosial, di sisi lain, adalah tentang memanfaatkan jejaring sosial sebaik-baiknya dan ditemukan oleh orang yang tepat.

Keduanya mungkin terlihat berbeda tetapi memiliki tujuan yang tumpang tindih. Intinya, mereka bekerja sama.

Inilah sebabnya mengapa mesin pencari menjadi lebih sosial, dan jejaring sosial berubah menjadi mesin pencari yang berharga.

Strategi media sosial yang efektif harus memiliki rencana SEO yang solid karena keduanya berjalan beriringan.

Mari kita lihat tiga alasan yang sah mengapa Anda harus memfokuskan upaya Anda di media sosial jika Anda ingin meningkatkan hasil SEO Anda.

  • Konten Media Sosial Diindeks
  • Media Sosial Membantu Membangun Otoritas
  • Media Sosial Melibatkan Orang Nyata
  • Konten Media Sosial Terindeks

Jenis konten media sosial yang tepat yang diterbitkan secara teratur dapat membuat perbedaan besar pada kampanye pemasaran konten Anda secara keseluruhan.

Dan ketika Anda mengetahui bahwa posting media sosial Anda dapat dijelajahi oleh spider mesin pencari dan diindeks, segalanya menjadi lebih baik. Sekarang, ini tidak berarti bahwa setiap tweet atau posting yang Anda buat menemukan jalannya ke indeks besar Google.

Itu harus cukup relevan sehingga mereka dapat ditemukan oleh orang-orang yang mencari konten serupa. Misalnya, jika Anda mencari Oprah Winfrey, Anda akan menemukan sebagian besar hasil teratas adalah profil/halaman media sosialnya.

Baca Juga : Cara Menampilkan Blog di Google

Karena itu relevan dengan permintaan pencarian.

Apa yang lebih baik adalah bahwa media sosial dapat membantu Anda membuat konten situs web Anda diindeks lebih cepat karena cara mesin pencari memperlakukan konten media sosial.

Jika posting blog Anda mendapat banyak perhatian di Facebook atau Twitter, itu akan lebih cepat masuk indeks.

Laba-laba mesin pencari dapat menemukan konten seperti itu dengan mudah karena faktor sosial.

Jadi jika postingan Anda viral di media sosial, riaknya bisa dirasakan di halaman hasil mesin pencari.

Media Sosial Membantu Membangun Otoritas

Mesin pencari memberikan banyak bobot pada otoritas situs web, menjadikannya faktor SEO yang penting untuk difokuskan. Di mata mesin pencari, jika halaman atau domain Anda memiliki nilai tinggi, itu memiliki otoritas tinggi.

Dan peluang yang lebih baik untuk peringkat di atas situs dengan otoritas yang tidak terlalu kuat. Otoritas halaman web atau situs tumbuh dari waktu ke waktu. Saat Anda terus menerbitkan konten terbaik dan mendapatkan lebih banyak backlink yang relevan, otoritas Anda terus berkembang.

Konten yang Anda publikasikan, jika berharga, memberikan apa yang dicari audiens Anda. Ini pada gilirannya memberi Anda tautan balik, memberi Anda sejumlah suara positif. Kembali ketika media sosial tidak ada, dunia link-building berbeda.

Maju cepat ke hari ini, Anda tidak dapat mengabaikan media sosial ketika berbicara tentang kiat membangun tautan yang efektif . Mengapa? Karena sebagian besar konten di web didistribusikan melalui media sosial.

Ini adalah mesin distribusi konten terbesar, yang berarti pengaruh atau otoritas Anda di situs jejaring media sosial memiliki dampak langsung pada tingkat otoritas. Itu juga mengapa itu dianggap penting dalam strategi pemasaran konten Anda.

Dengan berfokus pada membangun jaringan pengikut media sosial yang terlibat, konten Anda memiliki tempat tinggal yang lebih relevan. Dan semakin relevan tempat tinggalnya, semakin banyak otoritas yang Anda peroleh.

Misalnya, jika Anda membuat konten tentang Yoga dan mendapatkan backlink dari blog yang secara khusus menulis tentang Yoga, Anda mendapatkan lebih banyak poin brownies dari Google dan mesin pencari lainnya.

Mereka akan tahu bahwa Anda memublikasikan konten yang menjangkau audiens yang relevan.

Media Sosial Melibatkan Orang Nyata

Meskipun SEO memiliki sisi teknis, itu bukan satu-satunya hal yang harus Anda fokuskan. Sebagian besar praktik SEO blackhat atau tidak etis bersifat teknis, namun gagal memberikan hasil jangka panjang karena mereka mengeluarkan “pengguna” dari persamaan.

Metode ini bukan tentang orang-orang ketika mesin pencari secara khusus mencari sentuhan manusia. Mesin pencari selalu berusaha menemukan cara yang lebih baik untuk melayani pengguna dan melampaui hal-hal teknis.

Jika Anda ingin menentukan peringkat properti web di tahun 2019, Anda tidak bisa hanya mengandalkan faktor teknis seperti riset kata kunci untuk SEO dan optimasi. SEO Anda harus memiliki elemen manusia di dalamnya untuk mendapatkan hasil dunia nyata.

Atau itu akan dipukuli oleh seseorang yang meluangkan waktu untuk membuat konten yang berharga. Dengan media sosial yang tumbuh dengan kecepatan warp, itu menjadi bagian yang tidak dapat dihindari dari SEO, terutama karena terdiri dari orang-orang nyata.

Setelah konten, media sosial dapat dilihat sebagai faktor integral dalam pencarian. Ini memungkinkan Anda memisahkan audiens dan menargetkan siapa yang Anda inginkan. Memang, media sosial adalah salah satu cara tercepat untuk mengenal audiens Anda.

Baik itu grup, saluran dukungan pelanggan, atau halaman promosi apa pun tujuannya melayani bisnis Anda, akan mudah bagi Anda untuk mendapatkan umpan balik. Ini memberi Anda pandangan burung tentang segalanya.

Anda tahu di mana konten Anda, siapa yang dikonsumsi dan dibagikan, dan jenis dampaknya, yang jika Anda tanyakan kepada kami, sangat besar dalam hal SEO.

Inilah Cara Media Sosial Membantu SEO

Sekarang setelah ditetapkan bahwa media sosial bukanlah faktor peringkat Google langsung, berikut adalah lima cara media sosial benar-benar membantu Anda mendapatkan peringkat yang lebih baik.

Dapatkan Lebih Banyak Tautan Berkualitas

Backlink selalu menjadi salah satu faktor peringkat Google yang paling penting. Keduanya, kualitas dan kuantitas backlink memiliki efek kuat pada seberapa baik peringkat situs Anda.

Dengan memfokuskan upaya Anda pada pemasaran media sosial yang lebih baik, Anda cenderung menarik jenis peluang backlink yang tepat. Ketika konten Anda memiliki jumlah share media sosial yang lebih tinggi, itu akan diperhatikan.

Tidak hanya oleh influencer/power user tetapi juga oleh banyak webmaster/blogger relevan yang mungkin ingin menautkan ke Anda. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dan Zarrella dari HubSpot , ada korelasi positif yang pasti antara jumlah share media sosial yang dimiliki konten Anda dan jumlah backlink.

Lewatlah sudah hari-hari ketika media sosial hanya tentang berbagi. Hari ini, ini tentang membuat leverage. Ini tentang membuat konten Anda cukup menarik sehingga dibagikan dan dilihat tidak hanya oleh siapa saja, tetapi oleh orang yang tepat.

Mengingat bahwa Anda menerbitkan dan berbagi konten berkualitas tinggi di media sosial, konten Anda harus dapat menghasilkan jumlah keterlibatan dan tautan balik yang lebih tinggi.

Bangun Pemirsa yang Kuat atau Mengikuti

Menciptakan produk yang hebat jelas merupakan langkah pertama untuk mencapai tujuan pemasaran yang hebat. Namun, untuk benar-benar menyebut produk atau layanan Anda sukses, penting untuk menyebarkan berita tentangnya di antara audiens target Anda terutama pengguna awal.

Ingat, jika audiens Anda tidak tahu tentang penawaran Anda, lebih baik tidak memilikinya. Pasar saat ini sangat kompetitif di mana bisnis siap melakukan investasi nyata untuk mendapatkan bagian mereka.

Inilah sebabnya mengapa Anda harus melakukan upaya ekstra yang diperlukan untuk secara aktif menjangkau audiens target Anda. Semakin proaktif Anda dalam pendekatan Anda, semakin baik hasil yang akan Anda lihat.

Media sosial memudahkan Anda untuk membangun kehadiran web Anda.

Ini memungkinkan Anda terhubung ke audiens yang tidak hanya siap mendengar dari Anda tetapi juga ingin berbisnis dengan Anda.

Saat ini, sebagian besar pengguna online memiliki semacam kehadiran media sosial, ini hanya tentang menemukan platform media sosial terbaik yang paling sering dikunjungi audiens target Anda.

Dan kemudian bekerja untuk menghasilkan konten sosial yang membuat Anda terhubung dengan mereka pada tingkat emosional tertentu.

Tingkatkan Jumlah Pencarian Bermerek

Menumbuhkan audiens Anda dan membangun merek yang kuat adalah bagian besar dari setiap kampanye pemasaran online, pemasaran media sosial tidak berbeda. Profil dan halaman media sosial Anda membantu Anda menjalin hubungan dengan kelompok audiens pilihan Anda.

Dengan pembaruan media sosial Anda yang konstan dan dengan memberikan informasi berkualitas kepada mereka secara teratur, mereka mengenali merek Anda. Mereka tahu siapa Anda dan jenis konten apa yang Anda buat. Dan mulailah melihat Anda sebagai sumber tepercaya.

Ketika dilakukan dengan benar, pemasaran media sosial membantu Anda menumbuhkan kesadaran merek Anda. Ketika lebih banyak orang mengetahui produk atau layanan Anda, Anda akan menemukan lebih banyak dari mereka mengklik konten Anda di halaman hasil mesin pencari.

Karena Google dan mesin pencari lainnya sangat mementingkan rasio klik-tayang, ini dapat secara signifikan memengaruhi peringkat Anda dan meningkatkan visibilitas Anda. Juga, perlu diingat bahwa klik ini jauh lebih berharga di mata G besar karena mereka memiliki rasio pentalan yang lebih rendah.

Mengapa? Karena orang-orang ini sudah mengetahui merek Anda, yang berarti, lebih sedikit dari mereka yang akan menekan tombol “kembali” begitu mereka mengunjungi halaman Anda. Karena rasio pentalan memang berkorelasi dengan peringkat situs web, menurunkannya memberi Anda keunggulan dibandingkan situs pesaing lainnya.

Dengan membangun kesadaran merek di media sosial, Anda juga memiliki lebih banyak orang yang secara khusus menelusuri merek Anda. Ini kemudian berlanjut untuk meningkatkan lalu lintas pencarian organik ke situs web Anda dan juga halaman / profil media sosial Anda.

Pelajari Apa yang Diinginkan Audiens Anda

Sementara pentingnya strategi kata kunci dalam SEO tetap sama, cara mereka diteliti telah berkembang selama bertahun-tahun. Saat ini, menemukan dan memilih kata kunci yang tepat melibatkan pemahaman yang kuat tentang “niat pengguna”.

Tanpa memahami maksud si pencari, kata kunci yang dipilih mungkin tidak memberikan hasil yang Anda cari. Jika Anda mencari “fotografi lanskap”, Google ingin tahu mengapa Anda melakukannya untuk memberikan hasil yang paling relevan.

Apakah Anda tertarik untuk mempelajari cara memotret berbagai lanskap? Atau Anda hanya tertarik untuk membaca lebih banyak tentangnya? Ada banyak cara untuk mempelajari apa yang diinginkan audiens Anda, seperti survei email, tetapi Anda dapat melakukan hal yang sama dengan mendengarkan secara sosial.

Dengan melacak dan melihat berbagai jenis percakapan yang dilakukan audiens Anda di media sosial, Anda dapat memperoleh wawasan tentang kebutuhan dan keinginan mereka. Ini dapat membantu Anda membuat konten yang memenuhi kebutuhan mereka, yang pada gilirannya memberi Google dan mesin telusur lain apa yang mereka cari.

Ketuk Ke Pencarian Lokal

Jika Anda adalah bisnis kecil atau menengah dengan alamat fisik, Anda tidak dapat dan tidak boleh mengabaikan kekuatan SEO lokal. Google mengetahui pentingnya geografi dan relevansinya untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik kepada orang-orang.

Dengan sebagian besar pengguna Internet mencari bisnis lokal di perangkat seluler mereka, pencarian lokal pasti akan tumbuh. Jadi, pastikan untuk selalu memperbarui setiap profil dengan alamat Anda saat ini, nomor telepon, nama perusahaan, dll.

Miliki informasi yang sama di semua profil, yang pada gilirannya akan cocok dengan informasi di situs Anda. Atau Anda mungkin mengalami peringkat yang lebih rendah dan kehilangan pelanggan potensial.

Praktik Terbaik untuk SEO Media Sosial

Setiap langkah yang Anda ambil untuk meningkatkan upaya pemasaran media sosial Anda harus selaras dengan strategi SEO Anda. Mengapa? Karena Anda tidak ingin kehilangan lalu lintas dari kedua sisi.

Berikut adalah beberapa praktik terbaik SEO media sosial yang tidak boleh Anda abaikan jika Anda ingin sukses.

Publikasikan Konten Berkualitas Tinggi

Optimisasi mesin pencari tidak lagi seperti dulu. Ini jauh lebih dewasa dan mudah didekati.

Jika Anda ingin konten media sosial Anda mendapat peringkat untuk kata kunci yang tepat, Anda harus fokus pada pembuatan konten asli yang segar yang memberikan nilai luar biasa bagi audiens target Anda.

Lupakan menjejali konten sosial Anda dengan kata kunci. Alih-alih, fokuslah pada pembuatan konten yang secara alami menarik tautan, memberi orang persis apa yang mereka cari, dan menaiki tangga mesin telusur dengan mudah.